0
Thumbs Up
Thumbs Down

Astra Grup Bidik Pelabuhan Patimban Perkuat Bisnis di Indonesia

Mobil WOW
Mobil WOW - Wed, 06 Dec 2017 23:13
Viewed: 28
Astra Grup Bidik Pelabuhan Patimban Perkuat Bisnis di Indonesia

Pelabuhan Patimban nantinya akan sangat mempengaruhi kinerja bisnis Astra Grup khususnya otomotif di masa yang akan datang.

MobilWOW, Semarang - PT Astra International Tbk terus mengembangkan lini bisnis mereka di Indonesia, yang diketahui telah merambah keseluruh sektor industri di tanah air. Kali ini melalui anak perusahaan mereka yakni PT Astratel Nusantara atau yang dikenal dengan Astra Infra berencana untuk mengambil langkah strategis untuk menjadi operator pelabuhan otomotif di Patimban, Subang, Jawa Barat.

Dengan begitu tentunya dapat memperkuat bisnis di ranah otomotif baik secara domestik dan internasional. Langkahnya pun terbilang masih cukup panjang, pasalnya Astra Infra masih harus melalui proses tender dalam jangka waktu mendatang. Guna mensukseskan rencana ini, Astra Infra berencana untuk membentuk konsorsium yang terdiri dari korporasi dari dalam dan luar negeri.

"Melalui langkah ini, tentunya akan lebih membantu proses bisnis otomotif kami, khususnya ekspor dan impor kendaraan bermotor. Dengan begitu akan jadi lebih mudah, khususnya meningkatkan efisiensi waktu," ungkap Direktur Bisnis dan Pengembangan Astra Infra, Rahmat Samulo saat ditemui mobilWOW di sela-sela Workshop Wartawan Industri 2017 di Semarang, Rabu (6/12).

Lebih lanjut Ia pun menjelaskan bahwa prosesnya pun masih terbilang cukup panjang. Dimana Astra Infra masih harus melalui tahapan tender operator pelabuhan Patimban, yang dikatakan akan dimulai pada awal tahun 2018 mendatang.

"Jika nantinya pelabuhan Patimban ini bisa berjalan sesuai rencana, tentunya akan menjadi langkah strategis bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Serta dapat berdampak pada pertumbuhan bisnis grup Astra di masa yang akan datang.

Pelabuhan Patimban, tambah Samulo, sangat berpengaruh besar bagi perkembangan bisnis grup Astra, karena nantinya bisa saling bersinergi. Konsumen yang menggunakan pelabuhan tentunya digunakan oleh grup Astra. Pelabuhan Patimban pun didukung oleh akses tol Cipali (Cikopo-Palimanan) yang memang dibawah payung Astra.

"Hal itu yang mendorong Astra Infra ingin menjadi operator pelabuhan Patimban. Agar bisa saling mendukung bisnis, serta kemajuan ekonomi di Indonesia," bebernya.

Sekedar informasi, pembangunan pelabuhan Patimban tahap pertama yang mencakup terminal kendaraan dan petikemas akan dilakukan di tahun 2018 mendatang. Dalam pembangunannya, 83 persen dana pembangunan sekira 144 miliar yen (setara Rp 17,37 triliun) ditopang oleh Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA).

Kedepannya 49 persen saham pelabuhan akan dimiliki oleh Jepang, sementara 51 persen saham dimiliki oleh perusahaan dari Indonesia. Astra Infra akan bertarung dengan konsorsium gabungan antara perusahaan asing dan lokal.

"Bila semuanya dapat berjalan sesuai rencana. Pelabuhan ini bukan semata-mata untuk Astra saja, namun juga untuk kelangsungan industri lain, semoga membuat lebih baik dengan adanya pelabuhan Patimban," pungkas Samulo.

(Deni)

Source: Mobil WOW
Search Car Service
OUR PARTNERS
Camargus
Cintamobil
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
OTORAI
Otospirit
RajaMobil
Bayar listrik, air, telepon. Beli pulsa semua operator. Langsung dari Androidmu. Klik di sini
Bayarnet