0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cara Mudah Merawat Pintu Geser Mobil

Mobilmo
Mobilmo - Tue, 05 Dec 2017 22:08
Viewed: 34

Pintu geser merupakan salah satu teknologi yang memudahkan para penumpang untuk keluar masuk Mobil saat berada di gang sempit atau parkiran Mobil. Seperti yang kita tahu, apabila sedang dalam keadaan parkir dan Mobil terlalu dekat akan susah membuka pintu jika dibuka. Oleh sebab itulah dari pihak produsen Mobil memberikan fitur ini supaya memberi kenyamanan yang lebih bagi pengendara dan penumpangnya. Pada umumnya Mobil yang menggunakan pintu geser kebanyakan jenis kendaraan MPV. Oleh sebab itulah sangat diperlukan dalam merawat pintu geser Mobil supaya tetap dalam kondisi maksimal.

Pintu geser terdapat beberapa teknik pembukaannya, tergantung pihak produsen yang memberikan fitur ini. Jadi ada yang menggunakan pintu geser biasa dengan cara membukanya secara manual. Ada juga pintu geser yang lebih modern yakni secara otomatis akan terbuka ketika menekan tombol. Namun yang pasti semuanya membutuhkan perawatan secara berkala. Oleh sebab itulah kali ini akan diberikan informasi tentang merawat pintu geser Mobil supaya awet dan tidak macet.

Cara merawat pintu geser Mobil
  1. Cek kondisi Rel pintu geser

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi dari rel pintu geser. Untuk membersihkan bagian ini dengan menggunakan lap khusus yang dapat menyerap kotoran baik sekecil apapun. Karena terdapatnya kotoran yang kecil sekalipun dapat berpengaruh dalam kinerja pintu geser. Selain itu gunakan juga cairan khusus untuk membersihkannya. Periksa juga bagian dari rel pintu geser apakah ada kotoran atau daun yang menempel.

  1. Mengolesi Pelumas gemuk

Setelah langkah di atas dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah memberinya pelumas gemuk. Pelumas gemuk sejenis pelumas pasta yang dimana terdapat kandungan paraffin. Yang paling penting hindarilah penggunaan gemuk yang telah bercampur dengan oli, karena seperti yang kita tahu bahwa oli menyebabkan debu mudah menempel. Kebanyakan orang menggunakan oli untuk melumasi rel pintu geser, padahal hal tersebut sangat dilarang karena malah membuat debu mudah menempel.

  1. Cek kondisi bearing

Untuk merawat pintu geser Mobil memang perlu dilakukan. Bagian lain yang juga membutuhkan pengecekan adalah bearing. Apabila pintu geser pada Mobil sudah mulai mengeluarkan bunyi yang kurang enak atau tidak biasa, maka periksalah kondisi bearing. Berilah pelumas pada bearing secara perlahan dan jangan sampai mengenai bagian lain. Apabila sudah terlanjur tekena pelumasnya semisal bodi Mobil, segeralah bersihkan menggunakan kain yang halus dengan disiram air kemudian bilas kembali dan keringkan.

  1. Bijak dalam menggunakan pintu geser

Untuk langkah perawatan selanjutnya adalah bijak dalam menggunakan pintu geser. Hal ini diperuntukkan pada pintu geser yang telah menggunakan sistem elektrik. Jika mesin Mobil mati sebaiknya jangan membuka tutup pintu geser terus menerus. Hal tersebut bisa menjadikan aki Mobil cepat tekor. Nah apabila pintu geser sedang bergerak jangan dipaksakan untuk mempercepat dengan mendorongnya, hal tersebut bisa menyebabkan cepat mengalami kerusakan.

  1. Menghindari terjadinya benturan

Untuk cara merawat pintu geser Mobil yang terakhir adalah dengan menghindari benturan yang keras saat menutup Mobil. Jika terlalu keras bisa menjadikan cepat mengalami kerusakan, tidak hanya pintu saja tapi pengaitnya juga tidak akan bertahan lama. Jadi ketika menutup pintu geser lakukanlah secara perlahan, apalagi model jaman sekarang yang pintu gesernya sangat ringan. Tentunya lebih mudah dalam menutupnya secara perlahan.

Keunggulan pintu geser Mobil adalah kepraktisan dalam pengoperasiannya. Selain itu lebih memudahkan untuk keluar masuk saat berada di gang sempit atau parkiran umum yang terlalu berdekatan. Jadi Saya tekankan kembali bahwa merawat pintu geser Mobil sangat diperlukan, supaya komponen tersebut lebih awet dan tahan lama.

The post Cara Mudah Merawat Pintu Geser Mobil appeared first on Mobilmo.Com.

Source: Mobilmo
Search Car Service
OUR PARTNERS
Camargus
Cintamobil
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
OTORAI
Otospirit
RajaMobil
Bayar listrik, air, telepon. Beli pulsa semua operator. Langsung dari Androidmu. Klik di sini
Bayarnet