0
Thumbs Up
Thumbs Down

Harga Fitur Teknologi Dan Data Spesifikasi Lengkap TVS Apache RR310

MotorExpertz
MotorExpertz - Wed, 06 Dec 2017 20:38
Viewed: 34
Harga Fitur Teknologi Dan Data Spesifikasi Lengkap TVS Apache RR310

JAKARTA, ME. Kabar launcing TVS RR310 di India pada tangga 6 Desember 2017 lagi viral nih bradsis, di media sosial. Sosoknya terinspirasi oleh predator paling mematikan, yakni ikan Hiu. Dikonseptualisasikan agar memiliki garis serta siluet agresif yang siap menyerang. Desain ekor menambah kesan dinamis dan minimais.

Apache RR 310 adalah Apache terkuat saat ini, didasarkan pada konsep TVS Akula yang memenangkan Best Concept Bike of Auto Expo 2016 di New Delhi. Mesin menggunakan basis BMW 310, konfigurasi mesin DOHC empat katup 313 cc. Motor ini menggendong mesin silinder tunggal, 4 langkah dan 4 katup, dengan sistem pendingin liquid.

Mesin segede itu punya maksimum power 25 kW pada 9.700 rpm (34 PS pada torsi 9.700), sedangkan torsi maksimumnya sebesar 27,3 Nm pada 9.700 rpm. 

Mengaplikasikan sistem bahan bakar injeksi Bosch - Closes Loop. Desain inovatif dan unik yang diterapkan memberikan tata letak mesin yang kompak, sehingga menghasilkan sentralisasi massa yang menciptakan rasio Power-to- Weight lebih baik di kelasnya.

Fitur

Secara keseluruhan, TVS RR310 didesan memiliki bentuk yang aerodinamis, melalui proses perancangan dan pengujian ekstensif di terowongan angin mutakhir. Hasil dari pengujiannya, koefisen daya tahan (Drag) yang minimal , boleh dibilang terbaik di kelasnya. Hasil lainnya yaitu downforce maksimal, meminimalkan hembusan angin sehingga bisa menghasilkan kecepatan laju sepeda motor yang lebih kencang.

Di bagian fairing diaplikasikan deflektor cowl beserta ventilasi yang berfungsi menyalurkan udara panas dari mesin. Sehingga kemungkinan terjadinya kelebihan panas bisa dibuang. Desain ini mirip insang ikan Hiu, bradsis.

Sebagai tulang punggung yang menggendong seluruh sistem, TVS Apache RR310 menggunakan rangka teralis yang kuat namun ringan. Casis ini memberikan efisiensi struktural yang bagus, kontrol yang mumpuni, serta respon dinamik yang sempurna pada kecepatan tinggi. Didesain agar lincah bermanuver, menyelinap diantara keramaian lalu lintas kota.

Blok mesin menganut desain Horizontal Split Crank Case, membuat layout mesin menjadi kompak serta mengurangi bobot mesin hingga 10%. Blok mesin seperti ini sesuai untuk motor sport, memberikan rasio Power-to-Wight lebih banyak dan daya tahan mesin lebih lama, serta minimal perawatan.

TVS Apache RR 310 hadir sebagai versi mass-product motor prototype TVS Akula. Motor ini dibekali suspensi depan up-side down (USD), sedangkan di bagian  belakang didukung oleh monoshock.  Sementara itu sistem pengeremannya sudah menganut ABS. TVS RR310 mengaplikasikan lampu full LED bradsis, baik lampu depan maupun lampu belakang.

Sebagai salah satu penunjang handling yang tangguh, motor gahar ini dipersenjatai suspensi KYB. Shock breaker monoshock dengan teknologi floating piston monotube, memiliki stopper hidrolik dengan katup cek yang memberikan peredaman yang presisi serta respon dinamis yang mulus untuk memperoleh akselerasi lateral yang mumpuni, serta kestabian saat menikung dalam kecepatan tinggi.

TVS Apache RR310 memiliki desain layout bobot yang terpusat di titik gravitasi yang tepat. Tatak letak mesin pada sasis yang tepat, sehingga menciptakan keseimbangan dan kontrol sempurna.

Desain mengutamakan faktor ergonomi, memberikan distribusi beban yang lebih baik di bahu pengendara. Sehingga kontrol kemudi bisa dilakukan lebih baik dan nyaman. Jok didesain agar pengendara bisa berada dalam posisi terbaik saat motor meluncur dalam kecepatan maksimal.

Teknologi

Mesin Double Over Head Camshaft (DOHC) dengan Finger Follower, bradsis. Finger follower yang dilapisi Diamond Like Carbon (DLC) memberi ketahanan agar tak gampang aus dan daya tahan yang lebih tinggi yang memberikan mesin bertorsi tinggi, pengiriman daya tertinggi pada kecepatan tertinggi.

Teknologi lain yang diusung mesinnya yaitu pengaplikasian Down Draft Port dengan pengaturan Button Tappet. Ada 26 Button Tappet, masing-masing berukuran 20 mikron. Memberikan peningkatan efisiensi volumetrik 8% dengan memanfaatkan gaya gravitasi. Mendongkrak mesin menjadi berkinerja tinggi, daya tahan hebat, serta konsistensi kinerja yang handal.

Suhu mesin yang ekstra panas menjadi konsekwensi yang tak bisa dihindari pada setiap mesin motor berperforma tinggi. Jika hal itu tidak diatasi oli mesin akan memanas, kemudian kehilangan kemampuan pelumasannya. Makanya, Apache RR310 memiliki 23 baris tabung untuk mengoptimalkan efisiensi proses pendinginan mesin. Sehingga mesin bisa tetap bekerja maksimal saat mencapai putaran maksimal.

TVS Apache RR310 menyuguhkan 6 percepatan. Tuas penggeser gigi yang dipasang di semua gigi memberikan kemudahan pertemuan antara gigi-gigi. Sehingga dapat mencegah kemungkinan terjadinya selip saat melakukan perpindahan percepatan pada kecepatan tinggi. Pergeseran gigi percepatan menjadi lebih presisi, proses tarikan lebih responsif, serta menghindarkan kesalahan saat mengsongkan gigi (gigi netral).

Mesin TVS Apache RR310 memiliki kepala silender yang dirancang mampu mengelola panas secara baik, diklaim terbaik di kelasnya. Mampu mengompres suhu mesin hingga 40 derajat Celsius. Memungkinkan kinerja mesin yang lebih baik dan torsi yang  lebih tinggi.

Ada 2 warna pilihan, yaitu Racing Red dan Racing Back. Sementara itu, menurut kabar tunggangan ini akan mengaspal di Indonesia sekitar 3 buan lagi. Sedangkan menurut prediksi tim Motorexpertz.com, TVS Apache RR310 dibanderol kisaran Rp 45 - 47 juta.

 

Data Spesifikasi TVS Apache RR310:

Type: SI, silinder tunggal, 4 tak, berpendingin iquid, 4 katup

Kapasitas mesin: 312.2cc

Power maksimum: 25 kW @ 9700 rpm (34 PS @ 9700 rpm)

Torsi maksimum: 27.3 Nm @ 7700 rpm

Bore: 80 mm

Stroke: 62.1 mm

Injeksi: Bosch - Closed loop

Bore to stroke ratio: 1.29

Katup: silinder 4 katup

Starter: Electric

Idle speed: 1700 + 200 rpm

Sistem pengapian:  Ignition Mapped

Power to weight ratio: 0.147 kW / kg

Rasio kompresi: 10,9: 1

Filter udara: Filter kertas

Sistem pendingin: Liquid

Muffler: Single pipe dan single body design

ClutchWet:  multi-plate - desain plat 9

Gear box: 6 speed gear box

Frame: Teralis

 

 

Source: MotorExpertz
Search Car Service
OUR PARTNERS
Camargus
Cintamobil
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
OTORAI
Otospirit
RajaMobil
Bayar listrik, air, telepon. Beli pulsa semua operator. Langsung dari Androidmu. Klik di sini
Bayarnet