0
Thumbs Up
Thumbs Down

Sama-sama Pakai 4 Silinder Segaris, Apasih Perbedaan Mesin Suzuki dan Yamaha di MotoGP?

MotorExpertz
MotorExpertz - Sat, 25 May 2019 23:41
Viewed: 85
Sama-sama Pakai 4 Silinder Segaris, Apasih Perbedaan Mesin Suzuki dan Yamaha di MotoGP?

JAKARTA, ME. Mungkin brader and sista adalah salah satu orang yang tidak pernah ketinggalan untuk menyaksikan balap Motogp secara langsung melalui televisi. Nah jika berbicara prestasi pembalap motogp, maka tak lepas dari tunggangan yang mereka gunakan yaitu motor balap. Sekarang kita coba ulas perbedaan mesin dari beberapa pabrikan di MotoGP. Yuk disimak, bradsis..

Perlu diketahui, tentunya setiap motor yang digunakan memiliki konvigurasi mesin yang berbeda beda antara satu dengan lainnya. Seperti konvigurasi mesin V-twin dan juga mesin 4 silinder segaris. Nah untuk mesin V-twin digunakan oleh team team seperti Ducati, Honda, KTM dan juga Aprilia. Sedangkan Yamaha dan juga Suzuki menggunakan mesin 4 silinder segaris.

Keduanya meskipun memiliki konfigurasi mesin 4 silinder segaris namun keduanya tetap memiliki perbedaan yang mendasar. Perbedaan mencolok ada dari sisi penerapan cranksaft pada mesin 4 selinder segarisnya. Kita intip dulu mesin inline four atau selinder segaris milik Suzuki GSX RR1000 yang digunakan di balap Motogp.

Pada Suzuki GSX RR, Suzuki menggunakan sistem yang dikenal dengan istilah flatplane, dimana pergerakan piston pada bagian terluar ujung kiri dan kanan memiliki pergerakan dengan irama yang sama atau sejajar. Maka saat piston terluar bagian kiri dan kanan berada diposisi teratas, maka piston pada bagian dalam kiri maupun kanan berada pada posisi dibawah sejajar. Saat itulah ledakan tenaga akan dikeluarkan secara bergantian membentuk sudut yang mencapai 180 derajat.

Sedangkan pada motor Yamaha M1 memiliki sistem kenerja yang berbeda dari milik Suzuki GSX RR. Untuk Yamaha sistem kinerja dari cranksaft nya diistilahkan dengan sebutan crossplane, dimana sistem kinerjanya adalah ketika kemiringan piston mencapai sudut 90 derajat maka mulailah terjadi proses ledakan tenaga pada motor. Dengan kata lain piston pertama pada bagian terluar akan menciptakan ledakan terlebih dahulu, dan kemudian diikuti oleh piston berikutnya begitupun seterusnya bekerja saling silang.

Keuntungan yang didapatkan pada mesin dengan konfigurasi inline four atau 4 silinder segaris adalah, mesin dapat menggapai tenaga mulai dari rpm rendah hingga rpm atas secara merata. Maka di dapatlah tenaga maksimal secara simultan.

Semoga bermanfaat, bradsis. Jadi loe gak hanya kenal dari tampang pembalap, serta sponsor yang melekat di motornya saja, tapi perbedaan mesinnya juga bisa tahu..

Source: MotorExpertz
Search Car Service
OUR PARTNERS
carmudi
Cintamobil
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
OTORAI
Otospirit
RajaMobil