0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tips Mengemudi Mobil di Jalan yang Sempit Agar Aman

Mobilmo
Mobilmo - Sun, 12 Nov 2017 20:12
Viewed: 36

Mempunyai sebuah Mobil keluarga tentunya menjadi dambaan tiap orang. Selain itu bagi pemilik Mobil tentunya diharuskan mampu mengendarainya dengan benar dan tidak membahayakan diri sendiri, keluarga dan pengendara lain. Jalanan perkotaan yang seringkali terjadi kemacetan membuat pengemudi menjadi stress dan membosankan. Hal tersebut menjadikan banyak yang mengira bahwa jalanan pedesaan lebih nyaman ketika berkendara karena terhindar dari kemacetan. Namun ternyata anggapan pengemudi tentang hal tersebut tidak sepenuhnya benar, jalan pedesaan yang kecil dan banyak orang berjalan kaki serta banyaknya motor menghasilkan bahaya tersendiri. Oleh sebab itu pengendara harus mengetahui cara mengemudi Mobil di jalan yang sempit.

Mengendarai Mobil di jalan yang sempit tidak semudah berada di jalan raya dengan lebar yang mumpuni. Bagaimana tidak, pengemudi Mobil harus ekstra konsentrasi karena jika tiba-tiba ada ayam atau anak kecil menyebrang pastinya membuat kaget. Resiko mengemudi Mobil di jalan pedesaan memang tidak terlalu besar jika dalam mengendarai kendaraan dengan kecepatannya rendah. Namun jika terjadi kesalahan dalam mengemudi karena terlalu tinggi kecepatan mobilnya bisa sangat fatal. Oleh sebab itulah disini akan diberikan tips mengemudi Mobil di jalan yang sempit, mari kita simak.

Mengemudi Mobil di jalan yang sempit

- Pada saat melintasi jalan yang sempit, maka pengemudi diharuskan menjaga konsentrasinya walaupun jalan yang dilewati terlihat sepi. Hal tersebut dikarenakan pada saat jalanan yang dikira sepi kadangkala ada anak kecil ataupun hewan liar yang tiba-tiba melintas dari persawahan. Kadang pada saat berada di pemukiman warga ada anak kecil atau ayam melintas dari gang kecil yang menjadikan kepanikan.

- Tips mengemudi Mobil di jalan yang sempit selanjutnya adalah dengan memperlambat laju Mobil. Pada saat Mobil Anda berpapasan dengan pengendara lain baik itu sepeda motor atau Mobil diharapkan untuk dapat mengurangi kecepatan. Hal tersebut dikarenakan jika berhadapan dengan Mobil secara langsung kadang jalan yang dilewati tidak muat. Oleh sebab itu harus ada yang mengalah, karena jika kedua pengemudi memaksakan kehendaknya untuk tetap dalam kecepatan tinggi maka bisa terjadi senggolan satu sama lain.

- Selanjutnya adalah jika terdapat pengendara lain yang lebih kecil seperti sepada motor ingin mendahului kendaraan yang Anda kemudikan, maka lebih baik memberikan tanda dengan menggunakan lampu sein. Nyalakan lampu sein kanan jika terdapat Mobil di depan Anda sehingga motor dibelakang tidak akan menyalip kendaraan Anda. Hal tersebut bertujuan memberikan keamanan pada motor dibelakang Anda. Kemudian nyalakan lampu sein kiri apabila jalanan di depan Mobil Anda sedang kosong, sehingga motor di belakang Anda dapat mendahului Mobil Anda dengan aman. Selain cara tersebut, Anda juga bisa melambaikan tangan ke depan sebagai isyarat untuk mendahului Anda dengan aman.

- Hal yang penting lagi ketika mengemudi Mobil di jalan yang sempit adalah ketika melewati tikungan. Yang dimana saat menikung dan tertutup oleh pepohonan atau bangunan Anda bisa membunyikan klakson sebagai isyarat bahwa ada Mobil yang akan melewati tikungan. Dengan begitu Mobil di depan yang akan menikung dari arah berlawanan juga bisa bersiap untuk memperlambat mobilnya atau berhenti sejenak. Untuk langkah ini sangatlah penting, mengingat jalan yang menikung sangat berbahaya, ditambah lagi jalan yang sempit sehingga perlu kewaspadaan lebih.

Perlu diingatkan kembali, saat mengemudi Mobil di jalan yang sempit harus ekstra hati-hati. Jangan egois ketika melewatinya, maksudnya tidak ada yang mau mengalah saat berpapasan dengan Mobil lain atau saat ada motor yang akan menyalip. Hal tersebut tentunya demi keselamatan bersama.

The post Tips Mengemudi Mobil di Jalan yang Sempit Agar Aman appeared first on Mobilmo.Com.

Source: Mobilmo
Search Car Service
OUR PARTNERS
Camargus
Cintamobil
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
OTORAI
Otospirit
RajaMobil
SolusiMobil
Bayar listrik, air, telepon. Beli pulsa semua operator. Langsung dari Androidmu. Klik di sini
Bayarnet