0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Tips Memilih Vespa Bekas, Sssssttt Rahasia Nih!

carmudi
carmudi - Wed, 20 Feb 2019 09:35
Viewed: 114

Jakarta - Pangsa pasar sepeda motor bekas di Indonesia bisa dibilang cukup menggiurkan, terlebih di segmen premium. Salah satu sepeda motor premium bekas yang cukup digemari adalah Vespa modern. Bagi Anda yang hendak membeli Vespa modern, kami akan membeberkan tips membeli Vespa bekas.

Sepeda motor yang memiliki desain klasik dengan balutan modern ini kerap menjadi incaran. Sebelum Anda benar-benar membeli, yuk disimak dulu beberapa tips membeli Vespa bekas yang kami berikan ini. Dalam membeli Vespa bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Tips membeli Vespa bekas ala Vespa Garage

"Vespa modern atau Vespa yang baru ini paling mudah itu dilihat dari kondisi ya sudah pasti. Ibarat jatuh cinta pada pandangan pertama, dari mata turun ke hati. Untuk vespa matic keluaran terbaru, pasti kita cek kondisi bodynya terlebih dahulu apa masih mulus, bekas tabrakan atau tidak ini bisa kita cek di awal," kata Anugrah Wardhana, pemilik bengkel Vespa Garage di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan kepada Carmudi, Selasa (19/2).

Selain memeriksa kondisi bodi, ia mengatakan jika odometer juga wajib dilihat. "Cek Odometernya, jelas semakin rendah jarak tempuhnya Vespa juga belum terlalu capek. Ini juga bisa dicek dari bannya, sudah botak atau belum. Karena kalau jarak tempuh rendah tapi bannya mulai botak ada kemungkinan ada permainan di odometernya," sambungnya.

Tips membeli Vespa bekas ala Vespa Garage

Tips membeli Vespa bekas lainnya adalah dengan melakukan pengecekan kondisi mesin. "Tanyakan terlebih dahulu part apa saja yang pernah diganti, bila memang diganti baiknya diganti dengan part yang sesuai bawaannya bukan part custom," beber Dhana. Untuk mengecek, Anda dapat mendengar suara mesin.

Apabila ada suara yang mengganggu ada asumsi jika beberapa part harus diganti terutama area cvt. "Kalau ada suara menggelitik kemungkinan si pemilik biasanya memakai bensin dengan oktan rendah, tapi nggak masalah sih. Perhatikan juga ujung knalpot apabila dicolek pakai tangan basah, ada kemungkinan kebocoran di ruang mesin," katanya.

Mengecek kelistrikan Vespa Bekas

Selain faktor di atas, Anda juga dapat melihat kondisi Vespa bekas dari kelistrikannya. Cek baik-baik komponen seperti klakson, lampu utama, dan sein. Jika ada yang redup saat dihidupkan semua, ada kemungkinan jika sepeda motor ini akinya sudah mulai berkurang performanya. Bisa juga pengisian akinya sudah mulai bermasalah.

Yang terakhir adalah melakukan pengecekan terhadap kelengkapan surat-surat. "Surat-surat seperti STNK, BPKB, Faktur jadi hal utama. Cocokan juga nomor rangka, nomor mesin serta manual book. Kalau Vespa modern itu punya dua kunci, coklat dan biru. Kalau tidak ada kunci master kemungkinan ketika kunci biru hilang tidak bisa di duplikat kalaupun bisa membutuhkan biaya yang tidak murah," tuturnya.

Tips membeli Vespa bekas ala Vespa Garage

Setelah benar-benar memboyong Vespa bekas, Anda sebaiknya menyiapkan budget minimal 10-15% dari harga beli. Hal ini bertujuan untuk service kembali Vespa bekas, terutama untuk mengganti part fast moving yang sudah harus diganti. Nah, kami sudah memberikan tips membeli Vespa bekas. Jangan lupa untuk mengikuti beberapa panduan di atas. Semoga tips membeli Vespa bekas yang kami berikan mampu memberikan informasi bagi Anda.

Source: carmudi
Search Car Service
OUR PARTNERS
carmudi
Cintamobil
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
OTORAI
Otospirit
RajaMobil