0
Thumbs Up
Thumbs Down

Bagaimana Cara Menggunakan Dongkrak Mobil Yang Baik dan Benar?

RajaMobil
RajaMobil - Thu, 01 Oct 2020 06:22
Viewed: 79
Bagaimana Cara Menggunakan Dongkrak Mobil Yang Baik dan Benar?

RAJAMOBIL.COM, Bagi sebagian orang mendongkrak mobil masih sangat sulit sehingga kerap asal saja dilakukan. Akibatnya terjadi kerusakan baik pada bodi maupun sasis karena salah posisi beban. Maka sebaiknya ketahui bagaimana cara menggunakan dongkrak mobil yang baik dan benar. Secara umum penggunaan dongkrak secara baik, benar dan aman bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Cek Performa dan Kelengkapan Dari Dongkrak

Tahukah Anda sebenarnya cara dongkrak mobil sangat sederhana dan bagian penting di awal adalah melakukan persiapan. Melakukan beberapa pengecekan yang sangat penting terutama bagaimana performa dongkrak tersebut. Jangan sampai ketika digunakan dongkrak bermasalah dan tidak bisa bekerja maksimal.

Cara mengeceknya dengan putar baut pada dongkrak sampai posisinya lebih tinggi dari awal. Jika selama proses diputarnya baut bisa berjalan lancar maka dongkrak bisa berfungsi maksimal. Siapkan semua kelengkapan dongkrak sebelum digunakan agar mudah dicari nantinya.

2. Cari Tumpuan Dengan Tepat

Mengetahui bagaimana cara penggunaan dongkrak tidak hanya tentang benar tidaknya namun memperhatikan keamanan. Perlu diketahui kalau tidak semua bagian bawah mobil bisa dijadikan tumpuan yang aman. Ada akibat sangat fatal jika salah dalam memilih tumpuan dan jelas membahayakan.

Ada beberapa bagian yang bisa dijadikan tumpuan namun biasanya beda type mobil maka tumpuannya juga berbeda.

  • Monocoque body

Secara umum Monocoque body merupakan struktur rangka yang memang sudah menyatu dengan body mobil tersebut. Untuk tumpuan yang bisa dipakai dongkrak yaitu di bawah pintu dan law arm suspensi.

Namun sebelum menggunakan titik tumpu tersebut harus dipastikan terlebih dahulu agar benar-benar aman.

  • Pada body frame

Penggunaan tumpuan pada tipe ini biasanya digunakan pada mobil niaga maupun kendaraan berat. Ada besi melintang di bagian bawah yang fungsinya untuk frame, sangat aman digunakan namun butuh dongkrak lebih tinggi.

3. Posisikan Dengan Benar Lalu Naikkan

Setelah menemukan titik tumpu cara mendongkrak mobil selanjutnya adalah posisikan dongkrak dengan benar. Kemudian coba dipaskan agar center lalu putar dongkrak memakai kunci pemutar. Putar perlahan hingga mobil terangkat dan ketinggiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.Mengetahui bagaimana cara menggunakan dongkrak mobil yang baik dan benar serta aman sangatlah penting. Agar ketika darurat harus dongkrak mobil sendiri bisa dilakukan dengan aman.

The post Bagaimana Cara Menggunakan Dongkrak Mobil Yang Baik dan Benar? appeared first on Review dan Berita Mobil.

Source: RajaMobil
Search Car Service
OUR PARTNERS
carmudi
carvaganza
Cintamobil
Garduoto
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
Oto
OTORAI
Otospirit
RajaMobil