0
Thumbs Up
Thumbs Down

Komparasi All New Rush & Xpander Cross RF

RajaMobil
RajaMobil - Wed, 04 Aug 2021 19:30
Viewed: 219
Komparasi All New Rush & Xpander Cross RF

Mobil Toyota Rush 2021 dan Mitsubishi Xpander Cross 2021 memiliki kemiripan soal mesin serta transmisinya. Namun perbandingan Toyota All New Rush & Xpander Cross RF ini tetap terlihat dari sistem penyaluran tenaganya. Hal ini terlihat dari Xpander Cross yang menggunakan sistem FWD, sementara Toyota Rush yang menggunakan sistem RWD.

Sebagai dua model Low SUV 7 -seater paling laris di Tanah Air, kedua mobil ini hadir dengan harga yang kompetitif. Seperti yang kita tahu, berdasarkan situs resminya Xpander Cross dibanderol dengan harga kisaran Rp 276.5 juta hingga Rp 299.5 juta. Sementara kompetitor terdekatnya, yaitu Toyota Rush dibanderol dengan harga dari Rp 257.7 juta hingga Rp 279.1 juta.

Perbandingan Toyota All New Rush & Xpander Cross RF Secara Lengkap

Berbicara mengenai kedua SUV ini, sepertinya membuat kita semakin bingung untuk menentukan mana yang lebih unggul. Pasalnya baik Toyota Rush maupun Xpander Cross RF memiliki spesifikasi yang sama-sama mumpuni. Bahkan keduanya sangat cocok untuk menghadapi berbagai medan jalan, baik jalan mulus hingga medan terjal sekalipun.

Bagi kalian yang menyukai berpetualang bersama kerabat ataupun keluarga, SUV ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain karena mampu menempuh berbagai medan, SUV ini juga memiliki daya tampung penumpang yang cukup luas. Meskipun memiliki kemiripan, kira-kira apa saja perbandingan Toyota All New Rush & Xpander Cross RF yang menonjol?

Kabin

Pada bagian ini, Xpander Cross RF memiliki ruang kabin yang sangat akomodatif. Bagian bagasi LSUV ini terdapat ruang yang luas bahkan mampu untuk menyimpan 2 buah koper berukuran besar dengan posisi berdiri. Agar ruang kabin terlihat lebih luas lagi, jok ada baris ketiga bisa dilipat hingga rata dengan lantai dengan model 50:50.

Dengan mengurangi baris jok ini, maka kabin akan terlihat semakin luas hingga mampu menampung 6 buah koper berukuran besar. Perlu kalian ketahui, di bawah lantai bagasi Xpander Cross terdapat beberapa kompartemen untuk kebutuhan menyimpan barang dengan ukuran sedang. Tentu saja beberapa kelebihan ini menjadikannya lebih unggul sebagai LSUV.

Beralih ke Toyota Rush, kapasitas ruang bagasi tak kalah luas dari Xpander Cross. Toyota membuat LSUV ini dengan ukuran bagasi yang lebih panjang menjadi 450 mm dari generasi sebelumnya. Untuk kapasitas penyimpanan barang juga tidak kalah dengan kompetitornya, yaitu sama-sma bisa menampung 2 buah koper besar.

Apabila barang yang ingin disimpan lebih banyak, maka jok pada baris ketiga juga bisa dilipat. Hanya saja ruang kabin yang didapat tidak seluas Xpander Cross RF. Hal ini lantaran pada bagian tengahnya terdapat gundukan yang berfungsi untuk memberi ruang ketika meletakkan kopel. Kopel sendiri sebagai alat penghubung antara diferensial belakang dengan transmisinya. Perbandingan dari sisi kabin antara Toyota All New Rush & Xpander Cross RF ini cukup untuk menonjolkan perbedaan keduanya.

Dimensi

Perbandingan selanjutnya terletak pada dimensi, yang mana untuk Xpander Cross memiliki ukuran yang lebih besar dari segala aspek. Baik dari jarak kabin ke permukaan aspal hingga posturnya yang lebih lebar dari sang rival. Xpander Cross memiliki ukuran 4.500 mm (p) x 1.800 mm (l) x 1.750 mm (t) dengan Ground Clearancenya 255 mm.

Lain halnya dengan Toyota Rush yang hadir dengan ukuran 4.435 mm x 1.695 mm x 1.706 mm. Sementara jarak kabin luar dengan permukaan aspal mencapai 220 mm. Perbandingan Toyota All New Rush & Xpander Cross RF ini menjadikan LSUV milik Mitsubishi lebih unggul.

Fitur

Beralih ke fitur, Xpander Cross sepertinya memang lebih unggul dari Toyota Rush. Hal ini terlihat jelas dari ketersediaannya fitur keselamatan HSA milik Xpander Cross. HSA (Hill Start Assist) ini mampu menjamin keselamatan berkendara ketika berhenti pada jalan yang menanjak. Sehingga saat mobil tiba-tiba berhenti, kalian tidak perlu khawatir mobil akan berjalan mundur.

HSA mampu menahan mobil hingga beberapa detik agar kendaraan tidak bergeser ketika kaki berpindah dari pedal rem menuju gas. Bahkan pada Xpander Cross, fitur ini bisa diaktifkan atau dinonaktifkan secara manual. Tak hanya itu saja, untuk menunjang keselamatan, Xpander Cross juga dilengkapi dengan fitur lain berupa :

  1. Cruise Control
  2. Brake Assist
  3. Dual SRS Airbags
  4. Anti-lock Braking System
  5. Emergency Stop Signal
  6. Active Stability Control
  7. Electronic Brake Distribution

Tak mau kalah, Toyota Rush juga mengalami penyegaran untuk beberapa fitur keselamatan seperti:

  1. Emergency Brake Signal
  2. Hill Start Assist
  3. Vehicle Stability Control
  4. Electronic Brake Distribution
  5. Anti-lock Braking System
  6. Dual SRS Airbag

Pada LSUV ini juga terdapat airbag tambahan sebanyak 4 buah di bagian sampingnya, sehingga totalnya menjadi 6 buah kantong udara. Untuk kalian ketahui, Toyota Rush kini mendapat indikator penggunaan safety belt bagi pengemudi dan seluruh penumpang.

Mesin

Spesifikasi mesin yang ditanamkan pada Xpander Cross telah menggunakan mekanis 1.5 L. Dengan teknologi MIVEC DOHC 16 Valve dan volume silinder 1.499 cc. Berbekal mesin tersebut, menghasilkan tenaga hingga 106 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 141 Nm pada torsi 4.000 rpm.

Sebagai ciri khas LSUV ini, jantung pacu ditanamkan dengan struktur transverse atau melintang. Selain itu dengan adanya kombinasi katup peredam ruangan dengan mesin canggih, mesin mobil ini mampu memberikan kenyamanan dalam berkendara. Mobil ini juga dianggap lebih irit bahan bakar dengan tarikan yang spontan.

Hal ini terlihat ketika pengetesan, Mitsubishi Xpander Cross bisa menempuh hingga jarak 12.8 km/L untuk penggunaan dalam kota. Sementara saat digunakan untuk melaju di jalan bebas hambatan, bisa menempuh jarak hingga 7.6 km/liter.

Perbandingan Toyota All New Rush & Xpander Cross RF juga terlihat jelas di sini. Berbeda dengan Xpander yang dirasa lebih irit bahan bakar, Toyota Rush ternyata cukup boros dalam konsumsi BBM. Tercatat, penggunaan dalam kota mampu menghabiskan BBM hingga 10 km/L. Sementara untuk penggunaan luar kota mencapai 16.4 km/liter.

Ruang Penyimpanan

Penggunaan gawai yang semakin meningkat di Tanah Air, menjadikan Mitsubishi menyematkan power outlet di setiap barisnya. Bahkan dalam mobil ini terdapat 16 kompartemen yang bisa digunakan untuk menyimpan barang berukuran kecil. Karena terdapat 3 baris jok, LSUV ini dibenamkan double blower yang mampu memberikan udara segar hingga ke seluruh ruangan.

Berbeda dengan Xpander Cross pada Toyota Rush tersedia kompartemen yang tak kalah banyak. Di baris depan terdapat laci kecil untuk meletakkan ponsel atau benda kecil lainnya. Sementara untuk konsol tengah tersedia cup holder.

Untuk bagian baris kedua, di sisi kanan kiri pintu tersedia 2 cup holder dan sedikit ruang penyimpanan. Pada konsol tengah juga masih disematkan lagi satu cup holder. Sedangkan pada setiap sisi bangku baris ketiga, masih tersedia cup holder serta tempat penyimpanan dengan ukuran kecil.

Seperti halnya Xpander Cross, Toyota All New Rush juga memiliki double blower yang mampu memberikan udara segar ke seluruh ruangan. Namun untuk tempat pengisian daya baterai, LSUV ini hanya tersedia satu power outlet saja yaitu di bagian depan. Dengan detailnya perbandingan Toyota All New Rush & Xpander Cross RF ini, tentu kalian sudah semakin tahu mana yang lebih unggul.

The post Komparasi All New Rush & Xpander Cross RF appeared first on Review dan Berita Mobil.

Source: RajaMobil
Trending News
Search Car Service
OUR PARTNERS
carmudi
carvaganza
Cintamobil
Garduoto
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
Oto
OTORAI
Otospirit
RajaMobil