0
Thumbs Up
Thumbs Down

Melihat Ketangguhan Honda Scoopy, Sekuat Apa Sih?

carmudi
carmudi - Mon, 11 Feb 2019 16:28
Viewed: 111

Jakarta - Beberapa waktu lalu, dunia maya sempat ramai nih membahas Honda Scoopy. Sepeda motor buatan Sunter ini diketahui dirusak oleh pria yang baru aja terkena tilang oleh Polisi. Diluar dari hal tersebut, sebenarnya bagaimana sih ketangguhan motor ini?

Kira-kira apakah motor ini punya kekuatan di atas rata-rata? Yuk dibahas bersama. Sepeda motor ini merupakan sepeda motor yang pertama kali dijual oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pada tahun 2010. Sebelum masuk ke Indonesia, motor ini sudah lebih dulu dijual di Thailand dan cukup mendapatkan respons positif.

Honda Scoopy/ Foto: AHM

Desain dari Scoopy bisa dibilang menyerupai dengan kompetitornya, Yamaha Fino. Tetapi Fino dengan Scoopy memiliki perbedaan desain yang cukup kental namun sama-sama mengusung konsep desain sebagai skuter klasik. Bentuknya itu lho, lucu. Nggak salah deh kalau masuk ke Indonesia motor ini langsung banyak peminatnya.

Dimensi Honda Scoopy

Di tahun 2019 ini, Honda Scoopy hadir dengan banyak ubahan dibandingkan dengan generasinya yang pertama. Namun, dimensinya tetap sama dengan panjang Panjang 1.847mm, Lebar 686 mm, dan Tinggi 1.061 mm. Jarak terendah ke tanah dari motor ini mencapai 143 mm dengan bobot 99 kg. Jika dilihat dari spesifikasinya, motor ini memiliki bobot yang ringan.

Fitur Honda Scoopy

Fitur pada Honda Scoopy terbaru pun semakin banyak. Salah satunya yang utama adalah penggunaan lampu LED projector. Honda Scoopy menjadi sepeda motor matik pertama yang memakai lampu LED projector sebagai penerangan lampu utamanya.

Panel instrumennya menggunakan paduan digital dengan analog. Desain panel instrumennya memakai model baru yang terlihat jauh lebih segar dibandingkan dengan panel instrumen versi pertamanya. Ada juga fitur Idling Stop System, combi brake, dan juga anti theft alarm with answer back system.

Honda Scoopy/ Foto: AHM

Di bagian tengah, AHM menanamkan power charger yang dapat digunakan untuk melakukan pengisian daya gadget. Tapi, jangan keseringan memakai power outlet yang ada pada sepeda motor ya. Lebih baik melakukan pengisian daya lewat lubang stop kontak.

Mesin Honda Scoopy

Untuk mesin yang digunakan, sepeda motor ini dibekali dengan mesin berkapasitas 108,2 cc, 4 tak, berpendingin udara dengan teknologi eSP. Pengabutan bahan bakar sudah mengaplikasikan injeksi PGM-FI. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 8,9 hp dengan torsi maksimal 9,4 Nm.

Honda Scoopy/ Foto: AHM

Transmisi yang digunakan merupakan transmisi otomatis V-Matic. Karakteristik mesin ini lembut dengan tenaga yang selalu tersalurkan di setiap RPM-nya.

Kaki-kaki Honda Scoopy

Honda Scoopy ini menggunakan suspensi teleskopik di bagian dengan lengan ayun berperedam kejut tinggal di belakang. Ban di bagian depan menggunakan 100/90-12 inci dan 110/90-12 inci di bagian belakang. Overall motor ini mampu meredam guncangan dengan baik.

Karakter suspensinya juga lumayan empuk, tetapi tetap memberikan handling yang maksimal saat diajak merebah. Ban yang dipakai pada Scoopy generasi terbaru ini sudah memakai ban lebar, diajak merebah akan merasa lebih aman. Tetapi tetap ingat keselamatan berkendara ya.

Agar pengereman makin maksimal, Honda Scoopy menggunakan rem cakram hidrolik dengan piston tunggal di roda depan. Di roda belakang masih menggunakan rem model tromol seperti sepeda motor matik di kelasnya pada umumnya.

Honda Scoopy/ Foto: AHM

Sebagai sepeda motor yang diperuntukkan untuk aktifitas perkotaan, Honda Scoopy ini juga dibekali dengan tangki besar. Tangki bahan bakarnya mampu memuat 4 liter bahan bakar dengan konsumsi bahan bakar di angka kisaran 61,9 km/liter.

Dengan data spesifikasi di atas, sepeda motor ini sudah sewajarnya memiliki ketangguhan di atas rata-rata. Konsumsi bahan bakar yang dihasilkan juga sangat irit, cocok untuk dipakai di perkotaan. Desain klasik yang dipadukan dengan gaya modern juga membuat motor ini memiliki tampilan yang cukup keren.

Di tahun 2019 ini, skuter matik ini dijual dengan harga Rp 18,3 jutaan OTR Jakarta. Harga tersebut merupakan harga yang tertera pada website resmi AHM per Februari 2019. Nah, kira-kira masih kepingin membeli sepeda motor yang satu ini nggak ya?

Source: carmudi
Search Car Service
OUR PARTNERS
carmudi
Cintamobil
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
OTORAI
Otospirit
RajaMobil