0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mitsubishi Xpander AP4 Antar Rifat Sungkar Juara Nasional Sprint Rally 2021

carmudi
carmudi - Wed, 01 Dec 2021 10:05
Viewed: 286

Jakarta Rifat Sungkar sukses menjadi juara nasional sprint rally 2021 bersama Mitsubishi Xpander AP4. Hasil tersebut merupakan perjalanan panjang setelah dalam sejumlah kompetisi sebelumnya ia mengikuti berbagai tahapan kejuaraan sprint rally yang digelar sepanjang tahun.

Dalam seri pamungkas Meikarta Sprint Rally yang digelar pada 26-27 November lalu pembalap berusia 43 tahun tersebut sukses memaksimalkan potensi dari kendaraannya. Rifat berhasil menduduki posisi ketiga pada dua seri yang ada di kejuaraan tersebut.

(Foto: Mitsubishi)

Hasil tersebut cukup untuk mengukuhkan posisinya bersama navigator M. Redwan di posisi teratas klasmen Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2021. Sebab pada seri-seri sebelumnya mereka beberapa kali sukses meraih podium.

Di antaranya pada putaran pertama yang berlangsung di Tanjung Lesung, Banten ketika mereka berhasil menempati podium satu. Mereka juga meraih hasil yang sama pada putaran tiga yang berlangsung di Sentul, Jawa Barat.

Sementara itu pada putaran kedua mereka harus puas dengan hasil podium runner up.

MPV Vs Hatchback

Terkait kendaraan yang digunakannya, Rifat membuktikan Multi Purpose Vehicle (MPV) yang sejatinya merupakan mobil keluarga juga bisa menunjukkan performa yang kompetitif dengan mobil reli lainnya.

"Ini agak gila karena balapan pakai MPV karena semua orang gunakan hatchback," ucapnya dalam keterangan tertulis.

Rifat menyampaikan, pencapaian yang diraihnya tak lepas dari karakteristik lintasan yang menjadi lokasi sprint rally di Indonesia. Di mana sirkuitnya tidak begitu berorientasi pada kecepatan sehingga aspek aerodinamika tidak terlalu berpengaruh.

(Foto: Mitsubishi)

"Beda kalau kita reli di Finlandia atau Swedia, misalnya," kata Rifat.

Rifat menyampaikan keunggulan lain yang ia rasakan selama berkompetisi dengan Mitsubishi Xpander AP4 ialah dimensinya yang disebut tak jauh berbeda dengan mobil reli yang pernah ada, contohnya Mitsubishi Evolution.

"Untuk Xpander kita, begitu duduk dalam mobil, saya enggak merasa duduk di mobil lain. Tapi seperti duduk di mobil (Mitsubishi Evolution)," ungkapnya.

Ia mengakui keterlibatan Mitsubishi Xpander AP4 dalam kompetisi sprint rally nasional memang sekaligus menjadi "laboratorium" alami bagi Mitsubishi agar dapat mengembangkan kendaraan yang jauh lebih baik lagi.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Tutus Subronto

Source: carmudi
Trending News
Search Car Service
OUR PARTNERS
carmudi
carvaganza
Cintamobil
Garduoto
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
Oto
OTORAI
Otospirit
RajaMobil