0
Thumbs Up
Thumbs Down

Mobil China yang Akan Masuk Indonesia Dikenal dengan Kendaraan Listriknya

carmudi
carmudi - Wed, 15 May 2019 17:52
Viewed: 243
Mobil China yang Akan Masuk Indonesia Dikenal dengan Kendaraan ListriknyaMobil Listrik BYD (Foto: Cleantechnica)

Jakarta - Potensi pasar kendaraan roda empat di Indonesia sangat bagus. Tak heran jika ada beberapa produsen mobil dari luar negeri yang berencana berinvestasi di Indonesia. Sebut saja satu di antaranya BYD Company. Berdasarkan informasi dari Kementerian Perindustrian menyebutkan produsen mobil asal China rencananya akan melakukan pilot project di sektor mobil komersial.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sudah mengetahui BYD Company akan masuk Indonesia. Sejauh ini mengenai produk, jumlah investasi, dan lainnnya Gaikindo belum mengetahui detail.

"BYD Company atau mobil dari China itu adalah mobil yang memang sangat terkenal di China. Mereka lebih utamakan kendaraan-kendaraan berbahan bakar ataupun menggunakan listrik. Nah di Indonesia saya dengar mereka merencanakan ataupun ingin masuk ke Indonesia. Tetapi secara konkretnya kami belum dapatkan data apa-apa," ujar Yohannes Nangoi selaku ketua umum Gaikindo, Senin (14/5/2019) di Jakarta.

Walaupun baru rencana investasi, tapi BYD Company sudah mulai menunjukkan eksistensinya di Indonesia lewat penyediaan sejumlah mobil listrik untuk armada taksi listrik Blue Bird. Mobil listrik BYD Company yang masuk ke Indonesia masih di impor belum produksi dalam negeri.

"Jadi itu salah satunya (BYD kerjasama dengan Blue Bird) , tapi masih belum ada industrinya di Indonesia, jadi masih impor," terang pria yang akrab disapa Nangoi itu.

Tesla X dan BYD e6

Bertepatan dengan Hari Bumi pada 22 April, Blue Bird meluncurkan produk layanan terbaru mereka yakni e-Taxi. Produk layanan mobil taksi listrik ini sekaligus menahbiskan Blue Bird sebagai kendaraan taksi pertama yang menggunakan daya full listrik di Indonesia. Taksi listrik atau e-Taxi Bluebird ini menggunakan unit model Tesla X dan BYD e6 yang diimpor langsung dari negaranya masing-masing.

"Kedua mobil ini langsung diimpor dari negara asalnya, BYD e6 dari Shenzhen, China dan Tesla X langsung dari Inggris karena sama-sama setir kanan," ujar Andrianto Djokosoetono selaku Direktur PT Blue Bird.

Penggunaan mobil listrik diakui Blue Bird bukan hanya untuk meningkatkan pelayanan dan kenyaman pelanggannya. Tetapi juga menjaga pelestarian lingkungan. Atas program e-Taxi ini Bluebird pun diganjar penghargaan dari MURI sebagai penyedia layanan taksi listrik pertama di Indonesia.

Source: carmudi
Search Car Service
OUR PARTNERS
carmudi
Cintamobil
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
OTORAI
Otospirit
RajaMobil