0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tahukah Anda Asal Muasal Penetapan Plat Nomor Kendaraan?

RajaMobil
RajaMobil - Tue, 08 Sep 2020 11:06
Viewed: 226
Tahukah Anda Asal Muasal Penetapan Plat Nomor Kendaraan?

RAJAMOBIL.COM, Sejarah asal-usul penetapan plat nomor kendaraan di dunia diawali di Perancis sekitar tahun 1893. Saat itu, plat nomor diperkenalkan oleh Otoritas Polisi Paris dengan maksud untuk mengidentifikasi mobil-mobil yang jumlahnya semakin banyak dan terus bertambah. Sehingga hal tersebut dapat mempermudah pihak kepolisian dalam mengusut kasus kecelakaan.

Meskipun Perancis menjadi negara pertama yang memberlakukan plat nomor kendaraan, penerapan aturan secara nasional justru dilakukan oleh Belanda. Tepatnya sekitar tahun 1901 dan setelah itu aturan tersebut berkembang dan diterapkan diberbagai negara di Eropa.

Setelah hampir semua negara menerapkan aturan tersebut, Amerika Serikat pun mengadopsinya pada tahun 1903. Negara bagian di Amerika yang pertama memberlakukan aturan plat nomor adalah Massachusetts disusul New York pada tahun 1909, baru kemudian negara-negara bagian yang lain.

Sejarah Penetapan Plat Nomor Kendaraan di Indonesiahttps://www.futuready.com/artikel/mobil/pelat-nomor-kendaraan/

Sejarah plat nomor di Indonesia diawali di Pulau Jawa, yaitu pada saat pasukan Inggris untuk pertama kalinya merebut Batavia dari tangan Belanda tahun 1811. Ketika itu Inggris mengirimkan 150 kapal perang dengan jumlah pasukan sekitar 15.600 tentara dan terdiri atas 26 batalion. Setiap batalion diberi kode huruf dari A-Z.

Usai menaklukkan Batavia, Inggris menerapkan aturan terkait arus berkendara. Caranya dengan menempelkan plakat bertanda huruf B pada setiap kereta kuda diikuti 5 digit angka dan diakhiri dengan huruf A yang artinya Annex (tambahan) atau huruf C yang artinya Cargo untuk kereta kuda yang khusus mengangkut barang.

Mengapa huruf B? Karena pasukan Inggris yang menaklukkan Batavia adalah pasukan dari Batalion B. Untuk wilayah lain, hal yang sama juga diberlakukan, seperti Banten yang menggunakan huruf A karena ditaklukkan batalion A, Surabaya menggunakan huruf L karena ditaklukkan batalion L dan seterusnya.

Ketika Belanda kembali merebut wilayah Hindia Belanda dari tangan Inggris tahun 1816, aturan tersebut dilanjutkan. Bahkan diterapkan di wilayah-wilayah yang ada di pulau lain.Sejarah asal muasal penetapan plat nomor kendaraan di dunia maupun di Indonesia memang cukup menarik untuk dipelajari. Anda pun mendapat wawasan baru terkait aturan plat nomor kendaraan.

The post Tahukah Anda Asal Muasal Penetapan Plat Nomor Kendaraan? appeared first on Review dan Berita Mobil.

Source: RajaMobil
Search Car Service
OUR PARTNERS
carmudi
carvaganza
Cintamobil
Garduoto
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
Oto
OTORAI
Otospirit
RajaMobil