0
Thumbs Up
Thumbs Down

Tak Perlu BMW 7-Series, Bikin Mobil Anda Sama Canggihnya Cuma Rp9 Jutaan!

carmudi
carmudi - Fri, 07 Dec 2018 14:07
Viewed: 52
Pengaplikasian pada Toyota Harrier (Foto: Rosano/Carmudi)

Penulis: Fransiscus Rosano

Tangerang - Salah satu fitur tercanggih di sedan termewah BMW 7-Series, adalah sistem kamera 360 yang disebutnya 3D Surround View. Dengan fitur ini, keempat kamera yang mengitari mobil dapat membuat memberi tampilan panoramic di sekitar mobil.

Bagaimana kalau kami bilang, mobil anda juga dapat dibuat sama canggihnya? Asyiknya, tak perlu mengeluarkan budget sebesar satu unit BMW 7-Series. Bahkan tidak sampai Rp10 juta!

Caranya? Cukup pasang aksesoris kamera 360 derajat aftermarket ini. Contohnya seperti yang disediakan Sunda Motor berikut.

"Ini adalah kamera 360 derajat merek Hiro," ujar Rizki Purnadi, co-owner gerai audio dan aksesoris Sunda Motor yang menjual kamera 360 derajat ini.

Produk kamera 360 aftermarket (Foto: Rosano/Carmudi)

Sistem ini berupa empat buah kamera yang dipasang satu di grille depan, spion kiri dan kanan, juga di belakang. Kemudian menggunakan sebuah modul, gambar dari keempat kamera ini seperti 'dijahit' menjadi satu gambar utuh, seakan foto mobil diambil dari sebuah satelit di atasnya.

"Hampir semua mobil bisa. Syaratnya yang penting ada kabel AV-in di head unit," sebut Rizki.

Perihal pemasangan, kamera depan dan belakang cukup menggunakan baut saja untuk disambungkan ke mobil. Sedangkan untuk di spion, perlu dibor terlebih dahulu untuk membuat kamera lebih menyatu.

Tampak aerial view dari kamera (Foto: Rosano/Carmudi)

Soal harga, tak perlu siapkan beratus-ratus juta rupiah untuk mencicipi teknologi canggih seperti di BMW 7-Series ini. "Untuk yang 2D harganya Rp7 juta, diskon jadi Rp6 juta. Kalau mau yang 3D, diskonnya lebih besar, dari Rp11,5 juta awalnya menjadi Rp9,5 juta," tambah Rizki.

Pemasangan pun terbilang cepat untuk sebuah fitur yang kompleks seperti ini. Hanya memakan 7 hingga 8 jam saja.

"Yang sulit karena ada kalibrasi untuk pemasangan keempat kameranya, karena itu mobil bisa ditinggal setengah hari sambil dipasangkan kamera 360 derajatnya," sambungnya.

Letak pengaplikasian kamera 360 (Foto: Rosano/Carmudi)Tersedia 2-Dimensi dan 3-Dimensi

Uniknya, aksesoris kamera 360 derajat yang disediakan Sunda Motor ini terdapat dua tipe, yaitu 2-Dimensi (2D) dan 3-Dimensi (3D). Selain perbedaan harga, tentu terdapat fungsi yang sedikit berbeda.

"Kalau yang 2D diperlihatkan 360 derajatnya hanya seperti ada kamera dari atas mobil saja," jelas Rizki lagi.

Letak pengaplikasian kamera 360 (Foto: Rosano/Carmudi)

Sedangkan yang 3D, bisa mensimulasikan seakan ada kamera yang diletakkan dari samping belakang mobil ketika mengaktifkan lampu sein kanan atau kiri. Mirip sistem 3D Surround View-nya di BMW Seri 7, yang memperlihatkan animasi seakan ada kamera bergerak mengitari mobil.

Kamera 360 derajat ini otomatis aktif ketika tuas transmisi dimasukkan ke R atau saat tombol hazard ditekan dua kali. Saat dipindahkan dari R ke D pun akan diperlihatkan animasi seakan kamera berpindah dari belakang ke depan untuk yang versi 3D.

Sedangkan mengaktifkan lampu sein kanan dan kiri juga akan mengaktifkan kamera 360 derajat dan sisi kamera yang bersangkutan.

Tampak aerial view dari kamera (Foto: Rosano/Carmudi)

Blind Parking Challenge

Untuk membuktikan efektivitas kamera 360 derajat ini, Sunda Motor mengajak Carmudi dan beberapa media lainnya untuk mengikuti tantangan Blind Parking Challenge.

Menggunakan sebuah Toyota Harrier keluaran tahun 2015 yang sudah dipasangkan sistem dari brand Hiro ini, seluruh jendela ditutupi kain hitam agar seisi mobil sama sekali tidak bisa melihat keluar. Tantangan ini mengharuskan pesertanya memarkirkan mobil hanya dengan melihat gambar dari kamera 360 derajat saja.

Meski awalnya terasa canggung, ternyata setelah terbiasa proses ini terasa cukup mudah. Rata-rata peserta dapat memarkirkan mobil secara seri hanya dalam durasi 20 hingga 49 detik saja.

Untuk detail lebih lanjut, simak di bawah ya.

Sunda Motor Tangerang
(021) 222-29994

(dna)

Titik lain pemasangan kamera (Foto: Rosano/Carmudi)
Source: carmudi
Search Car Service
OUR PARTNERS
carmudi
Cintamobil
Mobil WOW
Mobil123
Mobilmo
MotorExpertz
OTORAI
Otospirit
RajaMobil