Lanjutkan Kolaborasi, Toyota dan Daihatsu Bakal Bikin Mobil Baru

carmudi
carmudi - Thu, 10 Jan 2019 12:16
Viewed: 168
Daihatsu Xenia (Foto: Daihatsu)

Jakarta - Toyota Motor Corporation (TMC) dan Daihatsu Motor Company (DMC) sudah menjalin kerjasama sejak 1967. Di Indonesia sendiri hasil kolaborasi kedua pabrikan otomotif asal Jepang itu baru dirasakan pada 2003 lewat dua produk kembar yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Kedua mobil itu dipasarkan di Tanah Air oleh Toyota Astra Motor dan Astra Daihatsu Motor.Kolaborasi Toyota dan Daihatsu di dalam negeri berlanjut sampai saat ini.

Setidaknya ada tiga mobil kembar lain yang dimiliki oleh keduanya seperti Rush - Terios, Agya - Ayla, dan Calya - Sigra. Rupanya kolaborasi keduanya tidak berhenti sampai di Calya - Sigra, kedepannya masih akan ada dua mobil kembar lagi yang bakal dipasarkan.

"Kerjasama (Toyota dan Daihatsu) pasti akan kami lanjutkan, apalagi memang Toyota dan Daihatsu sudah bergabung di prinsipal," ujar Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy di Jakarta.

Terkait soal bentuk mobil dan menyasar segmen seperti apa? Anton masih belum bisa membeberkannya secara detail dengan alasan sampai saat ini pihaknya masih terus mempelajarinya.

All New Toyota Rush 2018. (Foto: Carmudi)

"Kalau kita bicara produk apa dan kapan diluncurkan, saya belum bisa bicara sekarang. Tapi kerjasama itu akan kami pelajari terus segmen apa , kebutuhannya apa, dan produk apa yang dibutuhkan secara jangka panjang, karena mobil kan butuh perencanaan dua sampai empat tahun, jadi diskusi itu akan berjalan terus," tegas Anton.

Semua mobil hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu yang dipasarkan di Indonesia bisa dikatakan sukses. Penerimaan masyarakat terhadap ke empat mobil kembar itu sangat positif.(dol)